3 Cara Praktis Mencari Produk Yang Tepat Untuk Dijual di Toko Online Anda

2648 views

3 Cara Praktis Mencari Produk Yang Tepat Untuk Dijual di Toko Online Anda3 Langkah Praktis Menentukan Produk yang Tepat untuk Toko Online Anda

Ketika Anda memutuskan untuk membuka sebuah toko online, artinya Anda harus mempunyai produk untuk dijual. Mendapatkan produk yang tepat untuk dijual di toko online Anda adalah langkah paling awal sekaligus yang paling penting.

Karena penting, Anda tidak sembarangan dalam menentuk produk apa yang harus Anda jualdi toko online Anda. Pada intinya, ada 3 langkah praktis yang harus Anda perhatikan dalam menentukan produk, yakni:

1. Produk apa yang akan dijual
2. Apakah produk tersebut dapat terjual
3. Di mana mendapatkan supplier produk tersebut

Kalau Anda sudah menentukan dan menemukan produk yang tepat, Anda pasti akan menyadari bahwa ternyata memulai bisnis itu sama sekali tidak sulit. Anda hanya perlu mempunyai produk atau jasa yang akan dijual, dan kemudian jalankan.

a. Karakter produk yang tepat untuk pemula

Bagi seorang pemula yang tidak mempunyai pengalaman sama sekali dalam bidang bisnis, pengetahuan mengenai karakter produk yang tepat adalah hal wajib. Ingat bahwa tidak semua jenis produk bisa dijual oleh semua orang. Bahkan, tidak setiap produk sederhana sekalipun bisa dijual oleh semua orang.

Lantas, seperti apa ciri produk yang tepat untuk pemula? Pertama, pilih yang ukurannya tidak terlalu besaer dan beratnya tidak lebih dari 3 kg. Jadi, Anda tak perlu repot ketika menyiapkan penyimpanan dan pengiriman. Ambil saja contoh produk digital yang ringan.

Ciri kedua, harganya antara Rp 70.000 sampai Rp 3.000.000. Kalau harganya terlalu rendah, Anda akan kesulitan mendapat keuntungan. Sementara kalau harganya terlalu tinggi, Anda butuh pengalaman yang lebih untuk mendapat kepercayaan konsumen.

Ciri ketiga, produk tersebut spesifik untuk kalangan tertentu. Ya, Anda harus membuat target pasar dari produk tersebut secara spesifik. Misalnya Anda hendak menjual pakaian, tentukan target pasar yang tepat untuk produk pakaian Anda, apakah untuk anak kuliahan kalangan menengah, atau pekerja kantoran kalangan atas. Hal ini akan membantu penjualan Anda jadi lebih efektif.

Ciri keempat, dapatkan produk yang tidak dijual di mini market dan swalayan. Bila produk Anda mudah ditemukan di minimarket dan swalayan, maka mereka lebih memilih untuk membeli di tempat tersebut karena dianggap lebih terpercaya.

Ciri kelima, pastikan produk yang Anda jual bukan produk KW alias tiruan. Anda tentu ingin online shop Anda sukses dan terus berkembang bukan? Kalau ya, maka jangan sekali0sekali menjual produk KW karena berpotensi merusak reputasi Anda. Dalam jangka pendek, Anda mungkin bisa mendapat untung, namun dalam jangka panjang, hal ini sama sekali tidak baik.

Ciri terakhir, hindari produk pecah belah. Percayalah, produk pecah belah akan sangat sulit untuk dikirim. Meski Anda bisa mendapatkan konsumen, Anda akan kerepotan saat mengirim. Kantor pos tidak mau mengirimkan barang pecah belah. Sementara jasa pengiriman lain rata-rata tidak mau menanggung komplain bila barang tersebut rusak.

Tapi, tentu saja karakter ini hanya dikhususkan untuk pemula. Bagi Anda yang sudah berpengalaman, abaikan saja karena Anda tentu sudah kenal betul dengan situasi pasar, risiko dan cara mengatasinya bukan?

b. Mendapatkan Produk untuk dijual

Setelah memahami karekter produk yang baik, Anda bisa menentukan produk yang tepat untuk Anda. Jangan lupa kenali apakah produk tersebut mampu terjual atau tidak. Tugas Anda akan semakin berat kalau produk yang Anda jual adalah produk baru dan hasil kreatifitas yang masih jarang peminat.

Lakukan evaluasi terhadap kelayakan produk dan pikirkan apakah ada orang yang mau membelinya. Tanyakan pada kenalan Anda, kerabat dan orang lain untuk mendapatkan pandangan dari sudut pandang orang ketika. Tanyakan apakah mereka mau membelinya (dan bukannya apakah akan ada yang mau beli).

Selanjutnya, tugas Anda adalah mendapatkan supplier untuk produk tersebut. Untuk mendapatkan supplier, Anda bisa memanfaatkan search engine google, cari di sekitaran tempat Anda, dan browsing di pasar online seperti situs OLX, Tokopedia, dan lain-lain.

Related Post

Comments are closed.