4 Cara Bagaimana Membuat Ilustrasi yang Menarik untuk Blog Anda

4 Cara Bagaimana Membuat Ilustrasi yang Menarik untuk Blog Anda4 Langkah Membuat Ilustrasi Tulisan Pada Blog yang Baik dan Menarik

Membuat tampilan blog menjadi apik, berarti Anda juga harus mampu menyatukan aneka komponennya secara tepat. Sebuah tampilan blog tentunya tak lepas dari perpaduan antara aneka komponen seperti widget, template, tulisan atau konten dan sebagainya.

Komponen yang dikatakan paling penting dan utama dalam sebuah blog ini adalah konten. Bahkan banyak yang mengakui bahwa “content is the king”. Karenanya, penting bagi seorang blogger untuk dapat menampilkan konten yang semenarik mungkin sehingga disukai oleh para pembaca.

Untuk itu Anda perlu sebuah ilustrasi sebagai salah satu hal yang dapat mendukung daya tarik dari konten blog Anda. ilustrasi merupakan salah satu teknik untuk menjadikan tampilan konten Anda jadi lebih menarik. Ilustrasi tulisan ini merupakan sebuah keterangan gambar yang mewakili atau mencerminkan tulisan yang dibuat.

Tentu saja ilustrasi ini akan membuat tulisan Anda jadi tidak membosankan dan tidak menjemukan. Nah, tapi membuat ilustrasi tidak bisa sembarangan. Ilustrasi yang ditampilkan harus pas sehingga bisa membantu menaikkan trafik Anda dengan baik. Lantas, tahukah Anda bagaimana membuat ilustrasi yang menarik untuk blog Anda? Berikut tipsnya.

1. Ilustrasi Harus Sesuai Tema

Tentu saja sebuah ilustrasi harus sesuai dengan tema karena ilustrasi memang merupakan bentuk penegasan dari tema yang disampaikan. Dasar utama pembuatan ilustrasi yang baik adalah merujuk pada tema tulisan.

Dengan demikian, respon dari pengunjung blog juga akan positif. Jangan sampai Anda membuat para pengunjung kecewa karena merasa tertipu dengan gambar atau ilustrasi yang ditampilkan yang ternyata tidak sesuai dengan konten yang Anda sajikan di blog.

2. Gunakan Gambar yang Pas Kualitasnya

Ketika Anda telah menyiapkan konten untuk dipublikasikan dan sudah memiliki bayangan seperti apa gambar yang hendak melengkapi tulisan tersebut, maka Anda bisa segera mencari gambar tersebut. Gambar atau ilustrasi ini dapat Anda temukan di berbagai tempat.

Tempat yang paling banyak digunakan sebagai rujukan dan juga paling mudah digunakan adalah dengan bantaun mesin pencari, seperti Google. Masukkan kata kunci yang sesuai, lalu pilih. Namun, Anda perlu berhati-hati dalam memilih gambar ini.

Pastikan Anda memilih gambar dengan kualitas yang bagus, resolusi yang baik dan pixel yang pas sehingga gambar tersebut nyaman untuk dilihat. Umumnya, gambar yang muncul akan lebih variatif dan berkualitas lebih baik bila Anda menggunakan keyword bahasa inggris.

3. Lakukan Editing pada Gambar

Terkadang, gambar yang kita inginkan bisa tidak tersedia dalam mesin pencari persis seperti yang kita harapkan. Karenanya, Anda bisa mengambil suatu gambar lalu lakukan editing pada gambar agar pas sesuai dengan yang Anda inginkan.

Tambahkan beberapa bagian yang dirasa masih kurang dengan software edit gambar yang sederhana seperti corel draw, adobe photoshop, atau microsoft office picture manager dan lainnya.

4. Terapkan Gambar

Setelah Anda membuat konten, mencari gambar dan melakukan sedikit editing pada gambar, Anda tinggal memasukkannya pada blog. Terakhir, Anda bisa menambahkan tulisan terkait ilustrasi yang Anda buat tadi. Kemudian, terapkan gambar tersebut pada blog.

Anda bisa mengunggah gambar tersebut dengan mudah di dalam blog Anda. Ketika mengunggahnya, jangan lupa untuk menuliskan caption pada ilustrasi tulisan yang Anda buat. Caption ini akan membuat ilustrasi gambar Anda jadi lebih jelas.

Selain itu, Anda juga bisa menambahkan deskripsi gambar serta alt text pada gambar sesuai dengan tema atau keyword yang ada pada konten tulisan Anda. Hal ini akan membantu untuk memaksimalkan SEO pada blog Anda.

Related Post

Comments are closed.