Bagaimana Pengaruh Update Konten pada Blog dapat Mempengaruhi Peringkat Google dan Alexa?

Bagaimana Pengaruh Update Konten pada Blog dapat Mempengaruhi Peringkat Google dan Alexa?Pengaruh Update Postingan Blog Pada Peringkat Google dan Alexa

Sebagai seorang blogger, sudah sewajarnya jika Anda rajin memposting aneka ide ke dalam blog Anda. Dengan melakukan update konten secara rutin, maka blog Anda akan semakin eksis dan tentu saja semakin banyak disukai, baik oleh pembaca maupun oleh Google.

Ya, kenyataannya, Search Engine Google memang sangat senang dengan blog yang melakukan update konten secara berkala. Meski demikian, pertanyaan mengenai bagaimana update konten ini dapat mempengaruhi keseluruhan rangking pada blog tersebut masih belum terjawab secara pasti.

Algoritma google yang terus berganti dan mempertimbangkan banyak faktor selain update konten membuat hal ini kian tidak pasti. Memang, tak hanya update konten saja yang jadi pertimbangan dari peringkat Google, melainkan juga kualitas dari konten tersebut.

Padahal, peringkat blog pada Google dan ditambah dengan Alexa, sering menjadi patokan bagi para webmaster untuk mengukur kualitas blog atau website garapannya. Meski update konten bukan indikator tunggal untuk menentukan peringkat Google dan Alexa, toh rutin update konten tetap berpengaruh positif dan selalu disarankan.

Kalau begitu, Anda tentu perlu tahu lebih dalam mengenai sejauh apa update konten pada blog ini dapat mempengaruhi peringkat Google dan Alexa. Agar lebih jelas, simak ulasannya berikut ini.

1. Pengaruh Update Konten Blog terhadap SERP Google

Kalangan blogger sering menganggap bahwa blog yang melakukan update konten setiap hari akan mendapatkan peringkat lebih baik dalam SERP Google. Padahal, anggapan ini tidak sepenuhnya besar. Bila merujuk pada pernyataan Matt Cuts (Head of the webspam team at Google), Google ternyata lebih mengutamakan blog dengan konten berkualitas untuk posisi SERP yang baik.

Matt Cuts menyatakan bahwa memfokuskan diri pada persiapan konten yang baik dan bermanfaat untuk pembaca adalah yang terbaik. Meski artinya, Anda akan membutuhkan lebih banyak waktu dan jeda yang lebih panjang dalam update konten.

Hal ini dianggap lebih baik ketimbang memposting konten yang hanya apa adanya atau malah konten yang buruk. Blog dengan kualitas konten yang baik diyakini akan memberikan value kepada pembacanya. Blog seperti inilah yang disukai oleh Google sehingga akan sangat mudah untuk mendapat rangking terbaik di search engine Google.

Namun, bukan berarti Anda hanya butuh fokus pada kualitas konten saja. Jumlah artikel yang semakin banyak dengan kata kunci beragam turut memperbesar peluang Anda untuk mendapatkan lebih banyak visitor.

Kesimpulannya, Anda harus selalu memperhatikan update konten secara rutin, sekaligus menjaga kualitas konten tetap terjamin. Ingat bahwa kedua hal ini pada dasarnya penting dan saling berkaitan.

2. Pengaruh Update Konten Blog terhadap Ranking Alexa

Perlu diketahui bahwa rangking Alexa ini tidak sama dengan rangking website pada search engine Google. Alexa memeberikan penilaian ranking terhadap sebuah website berdasarkan pada beberapa faktor seperti jumlah visitor, up date konten, page view, aktivitas visitor pada website, dan beberapa indikator lain.

Penilaian yang diberikan oleh Alexa pada sebuah website ini dianggap penting dan sering dijadikan patokan suksesnya sebuah blog atau website. Salah satu hal yang disebut mempengaruhi perangkingan Alexa dalah aktivitas update konten dari sebuah blog.

Bagi Alexa, semakin sering blog tersebut diupdate, maka ranking Alexa –nya pun cenderung akan meningkat. Jadi, bila Anda ingin blog Anda memiliki Alexa rank yang ramping alias baik, maka akan lebih bagi Anda bila melakukan update konten secara rutin.

Dengan update konten secara berkala, ditambah dengan promosi yang teratur, maka jumlah visitor Anda pun akan naik. Dengan begitu, rangking Alexa pada blog Anda juga akan meningkat.

Tentu saja agar visitor yang datang puas, Anda juga tetap harus memperhatikan kualitas dari konten Anda. Jangan sampai mereka kapok datang ke blog Anda dan jumlah pengunjung blog Anda berkurang.

Related Post

Comments are closed.