Jack Ma Siapkan Mahasiswanya Hadapi Kegagalan di Sekolah Bisnis

Siapa yang tidak mengenal seorang Jack Ma. Pendiri dari dari Alibaba Group ini memang sangat terkenal di dunia. Selain berkecimpung di dunia bisnis perdagangan, ternyata seorang Chairman Eksekuti dari Alibaba Group ini juga mendirikan universitas.

Tetapi terdapat keanehan dari sistem pembelajaran dari universitas yang didirikannya, karena setiap mahasiswa yang belajar di universitas tersebut harus siap menghadapi kegagalan. Tetapi, sebelum membahasa lebih lanjut mengenai universitas unik ini, berikut ini adalah sedikit informasi mengenai seorang Jack Ma.

Sekilas Info Mengenai Jack Ma

Jack Ma merupakan pria kelahiran asli China. Dia lahir pada 10 September 1964, berarti saat ini, ia genap berusia 52 tahun. Pria asal China ini merupakan orang yang mendirikan sekaligus CEO dari Alibaba Group, yakni sebuah perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Selain itu, Jack Ma merupakan seorang warga China Daratan pertama yang pernah muncul di majalah Forbes dan ia juga terdaftar menjadi salah satu billioner di dunia.

Namun, prestasinya tidak hanya sampai situ saja. Pada tahun 2015 kemarin, ia juga masuk dalam daftar orang yang paling berpengaruh, dia menempati urutan ke-22.

Berita Universitas yang Didirikan oleh Jack Ma

Setelah mengetahui sedikit informasi mengenai seorang Jack Ma, maka saatnya lanjut ke topik utama, yakni universitas yang didirikan oleh billioner asal China tersebut.

Walaupun universitas yang didirikan oleh Jack Ma masih belum begitu terkenal, tetapi sekolah bisnis ini sudah mampu menarik perhatian orang-orang. Nama dari universitas tersebut adalah Lakeside University. Sekolah bisnis ini terletak di Hangzhou, Cina.

Saat ini, sekolah bisnis tersebut sudah memasuki tahun ajaran yang kedua. Dan pada saat memasuki tahun ajaran tersebut, Jack Ma berkunjung untuk memberikan pidato pengukuhan atau inaugurasi.

Dalam pidato yang disampaikannya, ia memaparkan mengenai perbedaan pengajaran yang di Lakeside University dengan universitas lainnya. Berikut ini adalah sekilas informasi mengenai isi dari pidato tersebut.

Isi Pidato Jack Ma di Lakeside University yang Mengejutkan

Terdapat beberapa hal yang membedakan secara mendasar disini. Kami tidak mengajarkan para siswa mengenai bagaimana cara meraih kesuksesan, melainkan kami justru menjelaskan bagaimana seseorang bisa gagal.

Semua pelajaran yang kami ajarkan dilatarbelakangi oleh kegagalan. Walaupun demikian, bukan berarti semuanya mengenai soal kegagalan. Inilah aspek yang unik dalam pengajaran kami.

Saya pernah berpikir bahwa terdapat beberapa perbedaan yang besar antara film-film Cina dengan film-film Barat, akan tetapi terdapat kesamaan pada keduanya, yakni kedua film tersebut saling menghargai pahlawan.

Namun yang menjadi perbedaan adalah di dalam film barat, pahlawan selalu bertahan hidup hingga akhir cerita. Sedangkan pada film Cina malah sebaliknya.

Di Cina kamu bisa menjadi pahlawan, jika kamu mati. Jika memang begitu adanya, lantas siapa yang ingin menjadi pahlawan?. Sementara pahlawan dari barat yang gagah perkasa selalu bertahan hidup.

Di sekolah ini kami ingin mengajarkan cara pandang yang berbeda serta menimbulkan rasa keingintahuan dan metode yang berbeda. Salah satu contoh sederhana adalah mengajari kalian semua cara untuk bertahan hidup.

Jadi kalian, para siswa, akan mempelajari kegagalan seseorang. Kesalahan apa saja yang dia lakukan dan bagaimana solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Apa kita punya keberuntungan? Ya, kita memang semuanya memiliki keberuntungan. Apa kita punya peluang? Semuanya juga memiliki peluang.

Secara teori, keberuntungan dan peluang merupakan kedua hal yang dimiliki semua orang dan takarannya sama. Akan tetapi, ketika cobaan datang, setiap orang memiliki reaksi yang berbeda untuk mengatasinya.

Oleh karena itu, kita semua dituntut untuk memerlukan pemikiran yang imajinatif dan independen. Kami berharap semua pebisnis yang ada di sekolah bisnis ini memiliki masa depan yang cerah, sehingga setiap warga Cina percaya diri pada diri mereka sendiri.

Akan tetapi, seorang entrepreneur juga wajib memiliki keyakinan diri, sebab dengan memiliki sikap seperti itu, kalian semua akan dapat fokus mengejar target tanpa terpengaruh terhadap hal-hal yang lain.

Related Post

Comments are closed.