Sejarah Web dan Proses Perkembangannya

Mengenai sejarah web, banyak orang mungkin tidak menyangka bahwa situs terbesar di dunia ini lahir dari pemikiran seseorang yang sangat hebat bernama Tim Bernes Lee. Seorang ilmuwan dengan pemikirannya yang besar mengenai sebuah jaringan web ini adalah orang yang berpengetahuan dalam bidang pengelolaan teks, komunikasi dan real time software.

Tim Bernes Lee bekerja di sebuah perusahaan laboratorium Eropa yang bernama Europe Researche Nuclearine. Saat bekerja di sanalah muncul sebuah ide brilian mengenai gagasan website.

Sejarah web pada tahun 1980, ia berhasil menciptakan sebuah alat yaitu Enquire, sebuah database yang yang terdiri dari halaman data dilengkapi dengan sistem informasi yang saling berkaitan yang disebut linked.

Kemudian pada tahun 1984 muncul permasalahan yang mengusik Tim Bernes Lee. Ia berpikir untuk menemukan cara mengakses data dan informasi yang dibutuhkan para ilmuwan dan tersimpan di komputer laboratorium.

Hal ini membuat Tim Berners Lee membuat sebuah proposal mengenai manajemen informasi pada tahun 1989. Proposal itu kemudian diedarkan di sebuah perusahaan CERN dan kemudian mereka mendapat bantuan dari perusahaan tersebut. Yang paling tertarik dengan proposal tersebut adalah Robert Cilliau.

Kemudian pada tahun 1990, Tim Berners Lee dan Robert Cilliau mengembangkan proposal tersebut sehingga menghasilkan proposal yang lebih sempurna. Merekapun mulai mengembangkan sebuah situs Hyper Text Marxup Language. Pengembangan itu merupakan yang pertama kali.

Akhirnya pada tahun 1990 lahirlah browser pertama dan diberi nama World Wide Web atau lebih dikenal dengan WWW.
Setelah munculnya web, banyak dilakukan publikasi yang dibuat oleh para pengembangnya. Publikasi ini menujukkan pada berbagai kalangan mengenai teknologi web yang diaktifkan melalui web server yang terdapat di Standford University Amerika Serikat.

Hal yang sangat menggembirakan sebab pada tahun 1993, ternyata web sangat berkembang dan mulai dilirik banyak orang. Bahkan banyak sekali web browser yang mulai bermunculan seperti Erwise, Viola, Midas, Samba, dan masih banyak lainnya.

Hal ini kemudian membuat perusahaan CERN yang ikut berperan dalam pengembangannya memberikan kebebasan untuk siapa saja menggunakan web protokol bahkan membebaskan kode-kodenya dari royalti.

Pengembangan Web di Kemudian Hari

Pengembangan web merupakan sebuah istilah untuk perkerjaan-pekerjaan yang terlibat di dalam proses oengembangan situs web untuk internet ataupun intranet. Pekerjaan ini mencakup pengembangan dalam pengembangan konten web, pengembangan desai web, penghubung klien, pengembangan web server, jaringan komunikasi, dan keamannya.

Tidak hanya itu, menurut para profeional web, hal itu juga meliputi pengembangan halaman statis web dengan aplikasi internet, jaringan sosial, dan bisnis eletronik.

Untuk pengembangan sebuah web, tidak cukup dilakukan oleh seorang saja. Membutuhkan ratusan orang untuk mengebangkan organisasi dan bisnis besar. Tetapi untuk organisasi yang tidak terlalu orang, cukup hanya dilakukan oleh beberapa orang saja sebagai pengembang. Biasanya ini meliputi pekerjaan sebagai desain grafis dan teknisi sistem informasi.

Pengembangan Web Industri

Untuk mendorong perkembangan sebuah web industri para perusahaan pengembang situs web bahkan yang lebih kecil telah mampu membuat sebuah desain web yang dapat diakses perusahaan dan individu.

Terdapat sistem pengembangan yang berisi muatan umum tanpa berbayar seperti Linux, Apache, MyAQL, dan PHP. Hal ini telah memberikan kontribusi yang besar untuk peningkatan popularitas sebuah pengembangan web bagi seluruh orang di dunia.

Pada generasi setelahnya, semakin banyak muncul situs pengembangan web seperti Enterprise Edition, Java Platform, serta Microsoft Net yang berfungsi untuk menjalankan aplikasi-aplikasi onlien. Lebih dari itu, hal ini bahkan telah menciptakan sebuah metode baru dalam hal komunikasi yang memungkinkan seluruh orang dapat melakukan interaksi tanpa terbatas ruang dan waktu.

Mau lihat rumah web hosting murah unlimited bandwidth indonesia mulai 6ribuan dan domain mulai 90ribuan. Atau paket lainnya, silahkan klik disini

hosting murah

Related Post

Comments are closed.