Tidak Bisa Masuk ke cPanel Hosting di Website Anda? Coba Cara ini

864 views

Tips Trik Masuk / Login ke cPanel Hosting (Bisa untuk WordPress, Joomla, Drupal dll)

Cara Masuk ke CPanelKetika seorang pemula harus berhadapan dengan teknik-teknik dalam pembuatan website, tentu merasa kebingungan ketika menghadapi beberapa macam fasilitas atau fitur yang terdapat pada website tersebut saat dioperasikan.

Hal ini tak jauh berbeda ketika mereka harus mengoperasikan yang namanya cPanel pada website yang telah dibuatnya. cPanel merupakan bagian terpenting pada webhosting karena berfungsi untuk mengelola file-file yang terdapat pada website. Kebingungan terjadi terutama setelah mendaftar atau menyewa domain dan hosting untuk website yang dibuatnya.

Hal yang paling penting bagi pemula adalah harus mengetahui cara masuk ke cpanel hosting terlebih dahulu. Seperti kita ketahui, cPanel hosting ini merupakan pusatnya pengelolaan berbagai file yang terdapat dalam website. Biasanya ketika kita melakukan registrasi hosting, saat hosting diaktifkan akan terdapat pesan masuk berupa email aktivasi dengan isinya berupa informasi aktivasi pada akun hosting yang Anda beli.

Sesudah melakukan proses aktivasi akan muncul email yang subjectnya berupa informasi akun hosting. Nah, dalam email ini biasanya ada beberapa informasi yang sangat penting yang wajib Anda catat atau ingat, yaitu berupa alamat IP server web Anda, password dan username cPanel berikut petunjuk lainnya yang penting tentang akun pada hosting Anda.

Jika Anda telah menerima email tersebut dari penyedia jasa hosting dan domain, maka harus menyimpan email tadi, selain itu Anda juga harus menjaga kerahasiaannya agar tidak dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Nah, sekarang pertanyaannya adalah bagaimana cara masuk ke cPanel?

Untuk memasuki cPanel, tentu bisa dilakukan saat domain Anda telah aktif dan dapat digunakan. Adapun untuk masuk atau login menuju cPanel hosting dapat dilakukan dengan cara mengetikkan beberapa pola berikut pada browser URL Link di perangkat komputer Anda :

• http://cpanel.namadomainAnda
• http://namadomainAnda/cpanel
• http://namadomainAnda:2082

Adapun untuk nama domain Anda, tentu harus diganti dengan domain yang Anda miliki. Misalnya saja, nama domain yang Anda miliki adalah bajuserbamurah.com, sehingga alamat cPanel pada web browser yang bisa diketikkan adalah sebagai berikut :

• http://cpanel.bajuserbamurah.com
• http://bajuserbamurah.com/cpanel
• http://bajuserbamurah.com:2082

Jika Anda sudah memasuki cPanel hosting, langkah berikutnya adalah dengan memasukkan password dan username saat melakukan aktivasi email. Namun, biasanya meskipun domain dan hosting telah aktif, terkadang masih belum dapat memasuki akun cPanel. Hal ini dikarenakan domain tersebut belum terhubung dengan sempurna pada hosting.

Selain itu, penyebab lainnya bisa diakibatkan domain masih belum diarahkan menuju nameserver hosting seharusnya, bisa juga karena masa propagasi yang belum selesai. Apabila masalah ini terjadi, bagaimana caranya login cPanel saat hosting dan domain masih belum terhubung? Anda masih bisa login memakai alamat berikut ini : misalnya http://alamatIP:2082 ataupun http://alamatIP/cPanel.

Jika Anda berhasil masuk menuju cPanel, maka akan masuk ke tampilan home screen cPanel. Ketika pertama kali login biasanya muncul popup berupa Getting Started Wizard sebagai panduan untuk pengaturan awal. Jika Anda tak memerlukan wizard yang satu ini, maka Anda bisa mengklik tombol bertuliskan No, I’m Fine, Thanks!” lalu centak box bertuliskan Don’t show this again supaya popup tersebut tak muncul kembali saat login.

Pada cPanel ini kita nantinya bisa melakukan berbagai macam pengaturan atau pengelolaan file. Hal ini dikarenakan cPanel berguna untuk mengatur dan mengelola hosting website yang kita miliki. Anda bisa mengecek pengunjung website, mengatur akun email, mengecek terjadinya error pada website dan lain sebagainya melalui menu cPanel ini.

Related Post

Comments are closed.