Tutorial Belajar Membuat Website Khusus Pemula

Tutorial berikut, akan memberikan petunjuk bagi anda mengenai cara belajar membuat website. Tutorial ini adalah yang paling mudah sebab diperuntukkan bagi para pemula. Dalam tutorial ini akan dibahas cara bikin web dari tingkat paling dasar.

Sebenarnya, tidak sulit untuk membuat sebuah website, kemampuan dasar yang harus dimiliki hanyalah mengerti internet, suka browsing, dan dapat mengetik. Jika ketiga kemampuan dasar tersebut telah anda miliki, maka langkah selanjutnya tidak akan menyulitkan diri anda.

1. Mencari Nama Domain Sendiri

Domain merupakan sebuah nama yang akan anda gunakan untuk website anda. domain sangat penting anda miliki pada tahap awal pembuatan website. Untuk mendapatkan nama domain, maka anda harus menyewanya terlebih dahulu.

Biasanya, harga sewanya tergantung pada jenis domain yang anda pilih. Batas waktu penyewaan dilakukan setiap satu tahun. Pilihlah nama domain yang unik dan sesuai dengan tema website anda, agar pengunjung mudah untuk mengingatnya.

2. Mencari Web Hosting

Yang dimaksud dengan web hosting adalah sebuah perusahaan yang memiliki banyak komputer yang terhubung ke dalam jaringan internet. Jika anda ingin website anda banyak dikunjungi orang dan menjadi website yang terkenal, maka anda harus menyewa hosting pada perusahaan tersebut.

Hampir sama dengan menyewa nama domain, biaya menyewa web hosting juga bergantung pada jenis hosting yang kamu pilih. Masa penyewaan juga biasanya berkisar satu tahun dan harus melakukan registrasi ulang jika anda ingin memperpanjangnya.

3. Mendesain Website

Jika anda telah menyewa domain dan hosting, maka langkah selanjutnya adalah mengisi berbagai file pada hosting anda agar dapat dilihat banyak orang bahkan hingga seluruh dunia. Untuk membuat desain suatu website, anda harus mengerti mengenai HTML, MySQL, PHP, yang dapat mulai anda pelajari dari sekarang.

Jika telah mampu, maka selanjutnya silakan untuk mempelajari CSS dan Java Script agar website anda dapat menampilkan tampilan yang menarik dan interaktif. Jika anda tidak tahu cara mengupload file ke hosting, anda juga perlu untuk belajar mengenai cPanel.

4. Menguji Website yang Telah Jadi

Website anda yang telah jadi perlu untuk dilakukan pengcekan secara kontinyu. Hal ini karena website tersebut akan berubah-ubah mengikuti browser yang digunakan untuk mengakses. Jika anda melakukan perubahan desain pada tampilan lama website anda, jangan lupa untuk segera mengecek pada tiap-tipa browser agar anda tahu apa yang terjadi pada website anda.

Anda juga dapat menggunakan google analyst untuk mengetahui, browser apa yang paling banyak digunakan pengunjung untuk melihat website anda. biasanya browser yang paling banyak digunakan saat ini adalah, Chrome, Modzilla Firework, Safari, dan Internet Explorer.

Cara untuk membuat Website:

a. Cara Instan, cara ini merupakan cara termudah dan cepat untuk membuat sebuah website gratis. Yang paling banyak digunakan adalah blogspot dan wordpress. Biasanya digunakan untuk pada pemula yang ingin membuat website pribadi. Karena tidak berbayar, maka website tersebut memiliki kelemahan yaitu, pengguna hanya dapat melakukan pengelolaan sesuai yang disediakan oleh penyedia.

b. Konten Manajemen Sistem
Cara ini memiliki tingkat fleksibiltas yang lebih tinggi dibandingkan dengan cara Instan. Namun proses pembuatannya termasuk cukup mudah. Anda hanya perlu melakukan instalasi dengan software CMS yang telah disediakan. Namun website ini tidak gratis, karena anda harus menyewa nama domain serta web hosting sendiri.

c. FrameWork
cara ini memerlukan tingkat kemampuan web programming yang tinggi. Maka tidak semua orang dapat melakukannya terutama bagi pemula akan sangat sulit. Namun keuntungan yang diberikan, website dengan Framework akan sangat fleksibel dan tampak profesional dibanding website dengan cara lain.

Mau lihat rumah web hosting murah unlimited bandwidth indonesia mulai 6ribuan dan domain mulai 90ribuan. Atau paket lainnya, silahkan klik disini

hosting murah

Related Post

Comments are closed.