4 Tips Jitu Memilih Hosting Terbaik untuk Web Anda

760 views

hosting terbaikJika Anda memiliki blog atau website yang memang dikelola dengan serius dan untuk tujuan yang serius, ada baiknya jika Anda memberikan “rumah” kepada blog atau website Anda tersebut. Bukan rumah dalam arti yang sebenarnya, ya.

Blog atau website yang baik membutuhkan hosting terbaik sebagai tempat meletakkan dan menyimpan berbagai data atau file yang dibutuhkan untuk blog atau website Anda. Dengan menggunakan web hosting ini, blog atau website Anda juga bisa lebih mudah dan lebih cepat diakses kapan pun dan dimana pun.

Mungkin setelah membaca paragraf pertama tadi Anda baru menyadari bahwa sekarang Anda harus membuatkan “rumah” untuk blog atau website Anda. Jika situs yang Anda kelola tersebut adalah situs komersil atau yang digunakan untuk ajang berbisnis, jangan biarkan para pengunjung situs Anda kecewa.

Cobalah untuk menggunakan web hosting untuk pelayanan yang lebih maksimal. Akan tetapi, bagi para pemula biasanya menemukan beberapa kesulitan dalam memilih web hosting yang tepat untuk situs yang dikelolanya. Lalu apakah memilih web hosting itu mudah?

Tips Memilih Hosting Terbaik untuk Pemula

Memilih web hosting itu mudah, apabila Anda sudah tahu kunci pemilihannya agar Anda tidak tertipu atau kecewa karena salah pilih. Dan berikut ini adalah beberapa tips memilih web hosting untuk pemula:

1. Harga vs Kualitas Hosting

Bagi Anda para pemula di dunia web hosting, mungkin masih belum tahu apa fungsi dari fasilitas-fasilitas yang diberikan dan berapa harga standar sewa sebuah web hosting. Pada dasarnya banyak sekali batasan-batasan yang ada dalam sebuah server hosting, diantaranya CPU load dan juga memory.

Anda harus benar-benar memperhatikan perbandingan harga dan kualitas hosting. Jika harganya murah ataupun sangat murah, pasti ada pengurangan fasilitas hosting yang nantinya tidak akan Anda dapatkan. Tetapi jika harganya cukup mahal, ketahui atau tanyakan kepada CS fasilitas apa saja yang akan Anda dapatkan. Jika memang berkualitas, tidak ada salahnya memilih web hosting terbaik dengan harga yang sedikit mahal.

2. Jangan Tertipu dengan Kata “Unlimited”

Perlu Anda perhatikan bahwa di dunia ini tidak ada yang tidak ada batasannya. Termasuk dalam hal yang sangat sederhana yaitu web hosting. Pada umumnya sebuah host provider atau perusahaan penyedia layanan web hosting membatasi jumlah FTP account, database, mailing list, dan sebagainya yang bertujuan utnuk menjaga kualitas layanannya.

Selain itu, jika memang Anda dijanjikan “unlimited,” trafik tinggi dari semua pengguna tentu akan menaruh beban besar untuk server.

3. Kepemilikan dan Pengaturan Domain

Untuk memilih hosting terbaik untuk blog atau website Anda, pilihlah penyedia layanan yang memberikan hak pengaturan dalam panel domain. Pastika Anda boleh memindahkan hosting, transfer domain, mendaftarkan domain lain, dan sebagainya. Apabila Anda ternyata tidak memiliki akses penuh nantinya, jangan pilih host provider tersebut karena justru akan membuat Anda kesulitan di kemudian hari.

4. Security Jaringan dan Server

Dalam pemilihan web hosting, coba tanyakan kepada CS tentang bagaimana keamanan jaringan dan server dari serangan para hacker atau cracker. Jika host provider yang Anda tuju tersebut ternyat tidak punya tim keamanan khusus, segera beralih ke yang lainnya karena keamanan adalah prioritas utama di dunia maya.

Demikian penjelasan mengenai tips memilih hosting terbaik untuk pemula. Walaupun Anda seorang pemula, semoga setelah membaca tips tadi Anda tidak salah pilih.

Related Post

Comments are closed.